Sharing Pengetahuan resep resep masakan, kue dan minuman

Brambang Asem (Plencing) Solo

Brambang Asem (Plencing) Solo

Resep Brambang Asem : Brambang asem ini merupakan makanan khas jawa tengah terutama solo dan semarang. Sesuai namanya Brambang Asem mempunya aroma khas brambang ( bawang merah) dalam bumbunya yang dicampur dengan terasi dan tentunya cabe untuk menambah rasa pedas .
Brambang Asam ini yang  utama adalah sambal nya yang terdiri dari  yang  disebutkan diatas. ditambah sayuran dari ubi jalar, anda juga bisa ganti sayurnya dengan Kangkung (Brambang asem kangkung). Cara membuat  sambal brambang asem sama seperti membuat  sambal rujak atau  sambal lainnya, yang membedakan ya brambang( bawang merah ) itu  dibakar dan juga terasinya dibakar. Silahkan Mencoba jika anda suka atau kangen Brambang Asem Khas Solo atau Jawa tengah



Bahan bahan Brambang Asem:
1 ikat daun ubi jalar 
3 siung bawang merah (brambang) 
bahan saus sambal: 
3 buah cabe rawit 
1 batang asem jawa 
1 gula jawa 
Secukupnya terasi 
Secukupnya garam.

Cara membuat brambang asem: Untuk membuat saus sambal; bakar dalam api kecil terasi dan bawang merah. Kemudian haluskan cabe, bawang merah, terasi, asem dan garam, masukkan gula jawa kemudian dihaluskan lagi. Setelah halus dan tercampur rata, pindahkan ke dalam wadah Cuci bersih daun ubi jalar, buang tangkainya kemudian rebus dengan air yang diberi sedikit garam. Setelah matang, angkat dan bilas dengan air dingin kemudian taruh dalam wadah. Hidangan siap disantap, dengan cara; ambil sedikit rebusan daun ubi beri saus sambal secukupnya.

hotel Sponsor Link resep kue kering, Indonesia Tourism, Hotel hotel murah , Hairstyles
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Brambang Asem (Plencing) Solo