Sharing Pengetahuan resep resep masakan, kue dan minuman

Tip Kiat Berpuasa sehat

Tip Kiat  Berpuasa sehat
Sebab banyak juga faedah dan keutamaan di dalam kita menjalankan ibadah puasa tersebut. tersebut lebih dari satu anjuran cara berpuasa sehat yang dapat kita kerjakan yaitu
  
- Menanamkan niat yang tulus dan ikhlas untuk mengharapkan keridhoaan Allah Ta'ala. Niat sangat penting peranannya dalam keabsahan suatu ibadah yang kita jalankan. Apapun bentuk ibadah tersebut. Dengan niat yang benar akan membuat jiwa kita merasakan kenyamanan dalam ibadah yang kita jalani. 

- Menyegerakan berbukan serta berbuka dengan yang manis. Untuk ini Rasulullah SAW juga memberikan contoh berbuka dengan yang manis berupa kurma. Sunnah berbuka dengan kurma tercantum dalam sebuah hadit dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud ). Demikian tadi hadist mengenai keutamaan berbuka dengan kurma. Makanan atau minuman yang manis saat berbuka akan segera meningkatkan kadar gula darah yang selama kita berpuasa mengalami penurunan. Sehingga akan membuat tubuh kita kembali segar ketika berbuka puasa. 

- Bersahur. Sahur ketika berpuasa juga jangan kita tinggalkan karena selain akan mendukung aktifitas kseharian kita di hari esok hal ini juga merupakan salah satu sunnah dalam berpuasa yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Banyak pula hikmah sahur dan manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita bersahur. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dan diriwayatkan oleh Anas, ia berkata: "Rasulallah pernah bersabda: 'Bersahurlah kamu, karena sesunguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan'" (H.R.Bukhari (1923)- Muslim(1095). Itu adalah hadist keutamaan sahur yang telah disabdakan oleh Rasulullah. Agar kita tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa sahur adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan. 

- Kebutuhan minum harus tetap terpenuhi. Dalam hal ini adalah minum air putih yang cukup baik itu ketika berbuka, bersahur ataupun ketika malam hari pada bulan puasa. Tips sehat puasa ramadhan atau pun puasa sunnah lainnya adalah dengan minum air putih yang cukup baik di kala berbuka maupun kala kita bersantap sahur. Karena menurut kesehatan dan medis kebutuhan tubuh yang sehat bagi konsumsi air ini adalah kurang lebih 2 liter. 

- Perbanyak dalam mengkonsumsi makanan yang banyak dan tinggi mengandung serat seperti yang terdapat pada sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Hal yang satu ini penting untuk diperhatikan, karena tentunya ketika kita berpuasa banyak pula jenis makanan yang tersedia dan mudah didapatkan yang seringkali berbentuk manisan dan gorengan sehingga makanan yang mengandung serat seringkali dilupakan. - 

hotel Sponsor Link resep kue kering, Indonesia Tourism, Hotel hotel murah , Hairstyles
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tip Kiat Berpuasa sehat