Sharing Pengetahuan resep resep masakan, kue dan minuman

Mengapa Buah Apel Itu Baik?

Mengapa Buah Apel Itu Baik?

Jika diperhatikan, buah apa yang paling sering dibawa oleh orang-orang saat menjenguk teman, kerabat, atau saudara yang sedang sakit? Apel! Ya.., buah inilah yang paling banyak menghiasi meja di ruang pasien. Buah apel memang selalu menjadi pilihan banyak orang ketika menjenguk teman, kerabat, atau saudara yang sedang sakit. Secara tidak sadar hal ini telah tertanam di dalam benak banyak orang. Dan ini merupakan hal yang tepat, karenaapel adalah buah yang baik, terutama bagi orang yang sedang sakit atau baru sembuh dari sakit. Pepatah lama juga mengatakan jika mengkonsumsi sebutir apel sehari akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Manfaatnya Untuk Kardiovaskular

Buah apel sangat kaya akan kandungan antioksidan dan fitonutrien. Kandungan utama dalam buah ini adalah serat yang disebut dengan pektin dan antioksidan yang disebut dengan polifenol. Kedua komponen ini akan bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mereka juga akan mencegah proses pembentukan LDL (kolesterol jahat) menjadi plak yang akan menyumbat pembuluh arteri. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, makanlah apel beserta kulitnya. Karena kulit apel mengandung antioksidan 2 sampai 6 kali lebih banyak daripada daging buahnya. Namun untuk apel impor sebaiknya kulitnya dikupas, karena biasanya apel impor sudah dilapisi sejenis lilin agar lebih awet.

Serat Diet Dalam Buah Apel

Satu buah apel ukuran sedang memberikan sekitar 1/5 dari kebutuhan harian tubuh akan serat. Serat sangat baik bagi organ pencernaan dan membuat proses pencernaan menjadi lebih efisien. Serat juga akan membuat tubuh dapat mempertahankan nutrisi lebih lama. Makanan-makanan yang kaya akan serat seperti buah apel dapat membuat anda merasa kenyang lebih cepat, dan rasa kenyang tersebut juga akan bertahan lebih lama. Proses konsumsi yang lambat ini akan membuat gula alami terserap dalam aliran darah secara bertahap. Ini dapat menjaga kadar gula darah menjadi stabil dan tetap sehat.


Manfaat Apel Untuk Paru-Paru dan Otak

Disebutkan bahwa makan 1 buah apel setiap hari dapat menguatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Seorang peneliti dari Inggris menyebutkan bahwa salah satu antioksidan dalam buah apel yang disebut quercetin dapat mengurangi efek polusi udara pada paru-paru. Antioksidan ini dapat mencegah anda dari asma atau tertular penyakit paru-paru lainnya. Dalam penelitian lanjutan ditemukan juga jika efek antioksidan ini dapat meluas pada bayi dalam kandungan. Anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang rutin mengkonsumsi apel selama hamil diketahui sangat kecil kemungkinannya menderita asma ataupun mengi.

Antioksidan dalam buah apel juga diketahui dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan kemerosotan. Selain itu, buah apel juga dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu senyawa yang membantu mengantarkan pesan antar sel-sel saraf. Ini bermanfaat untuk meningkatkan memori dan menajamkan fungsi otak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun ditemukan bahwa orang dewasa yang rajin minum jus buah, terutama jus apel setidaknya 3 kali dalam seminggu, diketahui dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer hingga 76%.

hotel Sponsor Link resep kue kering, Indonesia Tourism, Hotel hotel murah , Hairstyles
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Buah Apel Itu Baik?